Menanti Pasokan Listrik Dari PLN Untuk Bandara Letung

Kepulauan Anambas - Kepulauan Anambas memiliki banyak sekali pulau yang indah. Menurut perhitungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, setidaknya ada 70 pulau yang memiliki potensi pariwisata. 

Potensi wisata ini sedang dikembangkan agar Kepulauan Anambas tak hanya bergantung pada penghasilan dari minyak dan gas bumi. Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, telah dibangun Bandara Letung di Pulau Jemaja. 

Selain untuk menggenjot sektor pariwisata, Bandara Letung juga diproyeksikan akan menjadi bandara utama Kabupaten Anambas, menggantikan Bandara Matak yang aslinya memang untuk kegiatan usaha hulu migas.

"Sekarang kita lagi berpacu untuk pembangunan Bandara Letung di Pulau Jemaja. Tujuannya untuk target pariwisata. Jemaja itu konsepnya untuk pariwisata, Pulau Siantan untuk pusat pemerintahan, Pulau Palmatak itu untuk industri. Makanya bandara di Jemaja, alamnya juga memungkinkan," kata Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, saat ditemui di Pulau Siantan, Jumat (18/8/2017).

Ia optimistis Bandara Letung akan ramai. Saat ini saja setiap 2 hari ada pesawat charter dari Batam yang mendarat untuk membawa wisatawan ke Pulau Bawah. "Sekarang pesawat charter yang muat belasan orang ke Pulau Bawah itu seminggu 3-4 kali. Nantinya bakal ramai," ujarnya.

Jika sudah ada penerbangan komersial, pasti lebih ramai lagi. Sekarang baru ada penerbangan perintis seminggu sekali saja ke Kepulauan Anambas. Tiket penerbangan perintis selalu habis terjual, bahkan waiting list, artinya pangsa pasarnya masih besar.

"Pesawat perintis Susi Air dari Tanjung Pinang ke Jemaja bukan penuh lagi, waiting list terus. Diisi orang Letung saja sudah habis. Kami ingin pesawat reguler dengan kapasitas agak besar yang tiketnya mudah dicari, bisa dipesan di Traveloka," kata Kepala Satpel Bandar Udara Letung, Ariadi Widiawan.

Agar Bandara Letung dapat memberikan pelayanan maksimal, perlu pasokan listrik yang cukup dan andal. Sekarang Bandara Letung masih mengandalkan listrik dari genset milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Diharapkan listrik dari PLN bisa mengalir ke Bandara Letung sebelum akhir tahun ini. "Di Bandara Letung belum ada listrik PLN, tahun ini kami targetkan sudah masuk," tutupnya.


-  DETIK  -

0 Response to "Menanti Pasokan Listrik Dari PLN Untuk Bandara Letung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel