Bandung Akan Menjadi Tempat Bagi Para Pejuang Online

Bandung Akan Menjadi Tempat Bagi Para Pejuang Online
Bandung - Bertempat di Gedung Diklat Bapiklatkop Jawa Barat, Silaturahmi Keliling (sirling) 2017 Pejuang Online digelar. Sirling di Bandung ini merupakan kota ketiga dari empat kota yang direncanakan. 

Seperti halnya, Semarang dan Surabaya, event kopi darat komunitas para pelaku UMKM bisnis di Kota Parahiyangan, Sabtu (5/8/2017), mendapat sambutan meriah. Bukan hanya anggota Pejuang Online saja yang hadir, kalangan umum pun tumplek untuk mendapatkan pencerahan bisnis online.  

Sirling bertema “Gerakan 1000 UMKM Pejuang Online Mahir Digital ini dirangkai dengan seminar yang membahas seputar strategi untuk mengembangkan bisnis digital. Selain peserta dari Bandung dan sekitarnya, sirling ini juga dihadiri oleh para Pejuang Online dari kota-kota lainnya seperti Semarang, Surabaya, Jakarta, Bekasi, Bogor dan daerah lainnya. 

Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat Kusmanana Hartadji yang bertindak sebagai tuan rumah menyambut baik ajang yang baru kali pertama digelar. Pasalnya, ini sejalan dengan program Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat. 

"Tak bisa dipungkiri, sekarang kini bisnis lewat digital berpengaruh walau masih kecil. Tapi jika mengacu data BPS terus meningkat pertumbuhannya," ucap Kusmana dalam sambutannya.

Sementara itu Founder Komunitas Pejuang Online Tanto Surioto kembali menegaskan jika peluang bisnis online akan terus berkembang sejalan dengan maraknya pengguna internet aktif dan smartphone. 

“Berdasarkan riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bahwa 129 juta orang atau 50 persen dari jumlah total penduduk Indonesia sudah mengakses internet, mereka mengakses sosial media seperti instragram dan facebook. Mereka itulah pasar potensial bagi para pelaku UMKM Bisnis Online,” jelasnya.

Untuk itu, kata Tanto,  diperlukan strategi yang tepat dalam menggarap pasar potensial tersebut, salah satunya adalah melalui pelatihan dalam silaturhmi keliling yang diprakarsai komunitas Pejuang Online. 

Sirling ini merupakan pertama kalinya mempertemukan para anggota komunitas yang tersebar di empat kota besar, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

“Kesuksesan luar biasa Sirling yang sudah dilangsungkan Semarang dan Surabaya, dan Bandung semakin membuat kami yakin dan percaya diri bahwa  gerakan Pejuang Online ini bisa menjadi lokomotif bagi kemajuan para pelaku UMKM bisnis online untuk terus maju,” tandasnya optimis. 

Banyak manfaat positif  yang bisa didapatkan para peserta dari event ini, diantaranya membangun  jaringan bisnis sesama UMKM bisnis online. 

“Selain dapat ilmu bermanfaat langsung dari ahli dan para praktisi yang sudah sukses, peserta difasilitasi untuk bekerjasama dengan perbankan, baik syariah maupun konvensional, kesempatan untuk bergabung dalam HUB PO atau supermarket virtual dan lainnya,” jelasnya lagi.

Sirling ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan manfaat baik bagi anggota komunitas Pejuang online maupun bagi masyarakat luas dalam berbisnis online. “Saya bangga karena komunitas ini memiliki anggota yang sangat solid, saling membimbing, sehingga dengan sirling ini silaturahmi di antara kami semakin erat. 

Selain itu, acara yang didukung oleh Bank Sinarmas dan  Smartfren ini dharapkan mampu menjadi sarana pembekalan untuk mengembangkan wawasan para pelaku bisnis online agar memiliki daya pikir yang inovatif, visioner, dan terbuka sehingga mampu bersaing di era bisnis global,” jelas pria berkacamata ini. 

Anggota pejuangan online juga mendapatkan masukan dari Indari Mastuti. Founder Ibu-ibu Doyan Bisnis yang pernah meraih penghargaan “Perempuan Inspiratif Nova 2010” ini memberikan motivasi plus trip bagaimana menjaring pembeli. 

Pembicara lainnya adalah Dini Fitriyanti. Founder Mahayasa Collections membagi kisah sukses Banjir Orderan Ala Pejuang Online. 

Namun sebagus apapun barang yang ditawarkan jika tidak dikemas secara menarik lewat desain dan kata-kata tetap tak dilirik pembeli. Di sesi inilah Filbert Tan, Founder Asosiasi Pelajar Wirausaha Indonesia (APWI) membagi ilmu bagaimana membuat desain dan kata-kata menarik. 

Saat ini, komunitas yang beranggotakan tidak kurang dari seribu pedagang online, UMKM dari berbagai kota dan daerah di Indonesia ini sedang bersiap untuk meluncurkan buku tentang perjuangan mereka dalam membangun dan mengembangkan bisnis online. 

Dibawah kepemipinan Tanto Surioto, komunitas ini menunjukkan kekompakan dan semangat untuk maju bersama-sama sebagai pelaku UMKM bisnis online. 

Selain lain aktif menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan usaha para anggota komunitasnya, komunitas Pejuang Online  ini juga sedang mempersiapkan HUB PO minimarket virtual. 

Dengan HUB PO ini, diharapkan anggota komunitas yang awalnya hanya menjual satu jenis barang bisa menjual lebih banyak lagi.

Setelah Surabaya, Semarang, dan Bandung, Sirling 2017 Pejuang Online akan berakhir di Jakarta pada 12 Agustus mendatang. Akan hadir sebagai pembicara utama Juanda Rovelim, Penulis Buku Digital Marketing In Action dengan membahas tema Teknik Pemasaran dalam Memenangkan Bisnis Online. 


-  SINDO  -


0 Response to "Bandung Akan Menjadi Tempat Bagi Para Pejuang Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel