Toyota Sumbang 87% Ekspor Mobil Indonesia

Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyumbang 87% ekspor mobil asal Indonesia ke mancanegara. Dari catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ekspor kendaraan utuh (completely built up/CBU) pada semester I 2017 mencapai 113.300 unit.

"Ekspor kami pada semester I mencapai 99 ribu unit," ungkap Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono di Jakarta, Sabtu (29/7/2017). Ekspor tersebut meningkat 18% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 85 ribu unit.

Pencapaian ekspor semester I 2017 ditopang oleh volume ekspor Fortuner (33 ribu unit), Vios (15 ribu unit). Sedangkan angka ekspor untuk Avanza, Rush, Town/Lite Ace dan Agya mencapai 41.000 unit. 

Sepanjang semester I, untuk kendaraan dalam bentuk terurai atau completely knock down (CKD) ekspor mencapai 24.000 unit, komponen mencapai 48 juta buah part serta ekspor mesin tipe TR dan NR baik bensin maupun etanol mencapai 68.000 unit.

"Tingginya minat konsumen di ASEAN terhadap model All New Fortuner menjadi salah satu faktor pendongkrak kinerja ekspor ini," ujar Warih.

Toyota, kata Warih, akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menyediakan kendaraan berkualitas global yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasar, sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong ekspor nonmigas. 

Tahun ini, Toyota menargetkan peningkatan ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota sebesar 10% dibandingkan angka ekspor pada 2016. Tercatat sebanyak lebih dari 80 negara di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika menjadi tujuan ekspor Toyota. 


-  SINDO  -




0 Response to "Toyota Sumbang 87% Ekspor Mobil Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel