Setelah Hampir Kehabisan Bahan Bakar, Pilot Ini Lupa Menurunkan Roda Untuk Mendarat

New Delhi - Dua orang pilot maskapai penerbangan Air India "dikandangkan" setelah membuat pesawat yang mereka terbangkan nyaris kehabisan bahan bakar.

Kedua pilot itu lupa memasukkan roda pendarat pesawat Airbus A320 berpenumpang 99 orang jurusan Kolkata ke Mumbai.

Akibatnya, setelah 90 menit mengudara penerbangan Air India AI676 itu terpaksa dialihkan ke bandara Nagpur karena bahan bakar pesawat tak mencukupi untuk terbang hingga Mumbai.

Seorang sumber di masakpai itu mengatakan, pesawat tersebut saat menuju ke ketinggian jelajah sudah amat kesulitan.

Akhirnya pesawat itu terbang di ketinggian 24.000 kaki dan bukannya 35.000 atau 37.000 kaki seperti biasanya dan terbang hanya dengan kecepatan 230 knot dan bukan 500 knot.

Meski mengalami semua kendala ini, kedua pilot baru menyadari mereka lupa menarik masuk roda pendaraat saat mereka berusaha menurunkan ketinggian jelajah. Demikian harian Times of India.

Menurut seorang pilot senior Air India mengatakan, roda pendarat yang tak dimasukkan memicu penggunaan bahan bakar berlebih.

Selain itu, roda tak dimasukkan itu akan menghasilkan suara bising bagi kru kabin dan penumpang serta menimbulkan getaran yang cukup parah.

Pilot senior itu mengaku sangat terkejut karena tak seorang pun mengeluhkan semua kualitas terbang yang buruk itu.

"Atau mungkin mereka mengira getaran adalah bagian dari terbang dalam kondisi musim hujan," tambah sang pilot senior.

Selain itu, tambah dia, terbang di ketinggian rendah justru akan membuang lebih banyak bahan bakar karena udara yang lebih padat mengakibatkan efisiensi mesin semakin buruk.

Sang pilot senior mengatakan, sebuah keajaiban ketika kedua pilot menyadari bahwa bahan bakar menipis dan mengkritik kru yang menanggapi masalah ini dengan langkah seadanya.

"Hal ini menunjukkan buruknya kesadaran akan situasi kritis dan buruknya manajemen antara kedua pilot selama penerbangan," tambah dia.

"Setelah tinggal landas, salah satu yang harus diperiksa pilot adalah apakah roda pendarat sudah ditarik masuk. Mereka menyadari hal itu saat akan mendarat di Nagpur akibat kehabisan bahan bakar," lanjut dia.

Juru bicara Air India Dhananjaya Kumar mengatakan, kedua pilot dinonaktifkan dari tugas terbang selama insiden ini diselidiki.


-  KOMPAS  -

0 Response to "Setelah Hampir Kehabisan Bahan Bakar, Pilot Ini Lupa Menurunkan Roda Untuk Mendarat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel