Kasus Setnov jadi Batu Sandungan Golkar di Pilkada Sulsel

Makassar -   Penetapan tersangka Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi e-KTP, dinilai akan mengganggu Nurdin Halid di Pilgub Sulsel 2018 mendatang. Pasalnya, NH merupakan calon Gubernur dari partai berlambang pohon beringin tersebut.

Pengamat politik dari Universitas Bosowa (Unibos) Arief Wicaksono mengatakan, kasus Setnov sangat berpengaruh pada perjalanan Nurdin Halid di Pilgub Sulsel.

“Berpengaruh namun tidak signifikan. Nampaknya, mekanisme internal Golkar yang akan menentukan pengganti Setnov, jadi tidak langsung ketua umum tersangka, lantas ketua harian naik jadi ketua umum. Artinya, NH kemungkinan besar masih sebagai Cagub pada Pilgub Sulsel 2018 kedepan, ” tuturnya, saat dihubungi via telepon, Selasa (18/7/2017).

Selain itu, Arief menilai jika kasus yang menimpa Setnov akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap Golkar di 12 Pilkada Serentak di Sulsel pada 2018 mendatang.

“Pastinya, peristiwa-peristiwa seperti itu, apalagi yang ditangani KPK. Apalagi, sekarang secara kelembagaan, DPR, yang nota bene berisi anggota partai politik dipandang tengah berusaha melemahkan KPK,” tambahnya.

Sementara itu, pengamat politik Syaifuddin Almughniy menilai, kasus Setnov akan dimanfaatkan oleh pesaing NH untuk melakukan manuver politik. Namun, tidam sampai merusak citra dan ketokohannya.

“Kalau pembentukan opini publik terhadap partai Golkar itu bisa terjadi, namun hal itu tidak menimbulkan efek bola salju yang akan menurunkan elektabilitas,” ujarnya.

“Tetapi ada pembacaan ruang bagi lawan politiknya, yaitu menunggu waktu pengganti setnov di tubuh golkar. Dan kalau NH ditunjuk sebag ketua umum Golkar maka konstalasi politik berubah, dan dari situlah rival politiknya akan memanfaatkan kondisi tersebut,” tutupnya.







- ONLINE24JAM

0 Response to "Kasus Setnov jadi Batu Sandungan Golkar di Pilkada Sulsel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel