Dicuci dengan Larutan Air Cuka, Cara Mudah Kurangi Kandungan Pestisida Sayur dan Buah-buahan

Jakarta - Rutin memasukkan menu sayuran dan buah-buahan dalam setiap menu makanan sehari-hari, sejatinya penting untuk dilakukan sedini mungkin agar terbiasa dengan asupan hidangan yang sehat bergizi penuh nutrisi. 

Namun, walaupun sayur-sayuran dan buah-buahan ini hadir dengan segala manfaat dan kandungan nutrisi di dalamnya. Akan tetapi, kita juga tidak boleh sampai teledor soal bahaya zat kimiawi dari pestisida yang disemprotkan saat dalam masa cocok tanam. 

Harus diketahui, bahwasanya pestisida yang melekat terhadap sayuran dan buah-buahan tidak bisa dihilangkan secara total. Baik dengan cara pencucian ataupun dengan cara pengolahan. Eits, jangan khawatir atau takut dulu! Kandungan pestisida yang melekat ini, tetap bisa diminimalisir sehingga berada di batas ambang yang tidak membahayakan.

 Melalui cara pencucian yang tepat, dan trik dalam mengolahnya menjadi masakan. Kemudian seperti apa sih sebetulnya cara penerapan yang tepat dalam mencuci dan mengolah sayur serta buah-buahan, agar semprotan pestisida yang menempel bisa dikurangi? Menjawab pertanyaan ini, Prof. Dr. Nuri Andarwulan dari SEAFAST Center tidak segan untuk membagikan ilmunya. "Diingat, pestisida itu salah satu bentuk residu yang tidak bisa dihilangkan dan hanya bisa dikurangi.

 Cara pertama bisa dimulai di lahan, ada kok cara praktik pertanian yang baik dan tepat. Semua sudah dibuat guideline nya, seperti misalnya perhitungan soal jarak waktu semprot pestisida itu berapa lama sebelum memasuki masa panen," ujar Prof. Dr. Nuri. Selain itu, trik selanjutnya juga bisa diterapkan saat mencuci sayur dan buah itu sendiri. 

Yaitu dengan cara dua kali metode pencucian, pertama sayur atau buah dikocok dalam air larutan cuka (standar 2 persen) lalu baru dilanjutkan dengan dibilas menggunakan air mengalir. Prof. Dr. Nuri juga menambahkan, untuk cara pengolahan metode memasak dengan cara direbus atau dikukus bisa menjadi pilihan cara.

"Masaknya ya bisa direbus atau kalau enggak dikukus. Cara memasak mengukus memang akan membuat kandungan gizi yang terdapat di dalam sayur tersebut akan terjaga lebih baik, walaupun cara merebus akan mempertahan pestisida lebih banyak. 

Ya semuanya memang ada pro dan kontranya," tambahnya. Sementara itu, disebutkan juga trik lainnya dalam mengurangi kandungan pestisida ialah dengan cara membuang kulit luarannya.

 Hal ini dikatakan Prof. Dr. Nuri bisa dilakukan saat mengonsumsi buah. "Buah kalau memang bisa dikupas kulitnya, maka konsumsi lah dengan kulit yang sudah dikupas. Walau misalnya pada apel ya, kandungan zat anti-oksidan yang ada pada kulit luarannya itu tinggi. Namun ya kalau mau hindari residu pestisida ya adalah dengan mengupas kulitnya," pungkasnya.


-  OKEZONE  -

0 Response to "Dicuci dengan Larutan Air Cuka, Cara Mudah Kurangi Kandungan Pestisida Sayur dan Buah-buahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel